Example 120x600
Example 120x600
Desa

Pembenahan Pendamping Melalui Aplikasi Daily report

×

Pembenahan Pendamping Melalui Aplikasi Daily report

Sebarkan artikel ini


Edi Udin, S.Pi
Koordinator TPP-P3MD Kabupaten Halmahera Selatan

Penerapan terkait dengan Aplikasi Daily Report Pendamping ternyata setelah dicermati banyak mengalami permasalahan, keluhan dan tanggapan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa lebih enak memakai laporan individu maupan bulanan seperti dulu.

Sahabat-sahabat Pendamping desa yang patut dibanggakan, kita sudah memasuki era teknologi, hampir semua hal sudah dikelola dengan memakai teknologi yang tujuannya tentu untuk mempermudah, mengefektifkan kerja-kerja manusia. Begitu pula dengan aplikasi Daily Report Pendamping ini juga dalam rangka mengoptimalkan kerja-kerja pendampingan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam beberapa tahun kemarin kita sebenarnya disibukkan dengan kerja-kerja administratif. Masih ingat kan kalau kita sibukkan dengan meminta tanda tangan ke supervisor sebagai bukti kita melakukan kunjungan lapangan, LWK, realisasi dan renacana. Untuk dengan aplikasi Daily report pendamping ini, hal-hal seperti ini sudah terpangkas, laporan individu maupun bulanan manual yang harus di tanda tangani banyak pihak tidak perlu lagi. Di sisi lain juga tidak perlu lagi rekomendasi pembayaran honorarium, pembayaran operasional dari supervisor, karena semua sudah ditentukan oleh laporan dalam aplikasi secara individual.

Laporan di aplikasi Daily repot Pendamping inilah yang menjadi dasar evaluasi kinerja dan pembayaran honorarium dan pembayaran operasional Pendamping. Gus Menteri Desa PDTT paham dibeberapa tempat terjadi blak spot, system masih belum stabil dan permasalahan-permasalahan lainnya. Tetapi bagi Gus Menteri Desa PDTT, tidak menunggu semua harus sempurna dulu baru melangkah maju, sambil proses penyempurnaan dari semua system maka kebijakan ini diberlakukan kepada seluruh tenaga pendamping professional dan ini adalah kewajiban individu.

Pesan penting Gus Menteri Desa PDTT adalah aplikasi Daily report pendamping ini tidak boleh merugikan pendamping. Artinya Gus Menteri Desa PDTT sangat berpihak kepada pendamping. Sehingga jika ada pendamping yang hari ini belum bisa menginput laporan individu atau bulanan di aplikasi Daily report pendamping masih diberikan toleransi waktu untuk mengisinya di bulan April ini.

Kebijakan penggunaan aplikasi Daily report ini juga dalam rangka sekaligus ikhtiar Gus Menteri Desa PDTT menjawab tuntutan pendamping desa terkait kenaikan honorarium. Kenapa harus pakai aplikasi? dengan aplikasi ini semua aktifitas dan beban kerja pendamping desa akan terukur, terlihat dan akuntabel. Untuk itu pendamping desa diminta mengisi secara detail sehingga semua bisa terukur dan dilihat oleh Kemenkeu.

Perkembangan teknologi ini sudah tidak bisa dihindari lagi menyentuh diseluruh sendi kehidupan. Apakah kita akan bertahan dengan kebiasaan lama, sementara lingkungan kita sudah berubah begitu cepat. Ataukah kita segera beradptasi dengan kebiasaan baru ini. Inilah bentuk nyata bahwa aplikasi Daily report pendamping ini menjadi kebiasaan baru bagi kita.

Kebijakan sudah ditetapkan, selanjutnya sangat tergantung bagaimana kita meresponnya. Apakah akan apriori, resisten, menolak, apatis, menggerutu atau welcome, senang, segera pelajari dan manfaatkan, kemudian kita focus pada kerja-kerja penguatan masyarakat sipil, yang bertahan dengan kebiasaan lama pasti akan tertinggal dan tergilas oleh lingkungan.

Sebagai Anak Kandung Kemendesa PDTT, Pendamping desa tetap berdedikasi mengakselerasi membangun desa, melalui aplikasi ini dan akan memotivasi kinerjanya secar baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *