Example 120x600
Example 120x600
BeritaDesaKEAGAMAANPendidikan

IKADI Malut & UMMU Sukses Menggelar Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 H di Desa Fluk Obi Selatan.

×

IKADI Malut & UMMU Sukses Menggelar Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 H di Desa Fluk Obi Selatan.

Sebarkan artikel ini

HALSEL:SARUMANEWS.COM- Kegiatan mubaligh hijrah Ramadhan berhasil dilaksanakan, kegiatan yang menjadi agenda tahunan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara itu, sebagai realisasi visi-misi universitas dengan falsafah dasar dakwah berbasis kepulauan.

Pada agenda mubaligh hijrah Ramadhan kali ini, UMMU berkolaborasi dengan Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Maluku Utara. Kolaborasi yang produktif ini mengirim tenaga dai /daiyah berjumlah 10 orang terdiri dari 8 orang mahasiswa dan 2 orang Ustdz pendamping yang dikomandoi langsung oleh Dekan Fakultas Agama Islam UMMU Ternate, sekaligus Ketua IKADI Maluku Utara, Dr. La Ode Ilman, Lc. M. Pd.

Saat keberangkatan menuju lokasi dakwah, rombongan dai/daiyah IKADI Malut sempat menyambangi sekaligus silaturahmi di kediaman ketua IKADI Halmahera Selatan Ustadz Asep Sofyan, Lc. M. Pd. I, yang berjarak tidak jauh dari pelabuhan kupal yakni Pondok Pesantren Daaru Salam Kupal.

Dalam sambutan pada acara serah terima dai/daiyah tanggal 10 Maret 2024, Dekan menyampaikan “banyak terima kasih kepada Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Prof. Dr. Saiful Deni, S. Ag, M. Si dan juga kepada Kepala Desa Fluk Ibu Rita Mahmud serta kepada semua pihak yang terlibat atas dukungan yang luar biasa sehingga program dakwah berjalan lancar dan semua dai/daiyah terdistribusi sebagaimana mestinya”

Perlu diketahui semua tenaga dai yang ikut serta dalam program tersebut disebar di tiga masjid dan berada pada lokasi yang berbeda dibanding dengan mubaligh hijrah pada tahun-tahun sebelumnya.

Agenda dakwah selama Ramadhan difokuskan di Desa Fluk, Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan. Desa Fluk sebagai lokasi yang dipilih tergolong paling jauh semenjak program mubaligh hijrah digulirkan, pasalnya untuk sampai ke tujuan tersebut perjalanan ditempuh selama dua hari tiga malam menggunakan armada laut dengan menyambangi banyak pulau mulai dari Ternate-Bacan-Madopolo-Jikotamo-Kawasi-Soligi-Waya Luar-Oci-Gambaru dan Fluk.

Jarak yang terlampau jauh ternyata tak menyurutkan semangat para dai/daiyah untuk menjalankan program -program dakwah mubaligh hijrah selama Ramadhan . Adapun program unggulan yang dilaksanakan oleh para dai adalah majelis taklim, khutbah jumat, imam rawatib, imam taraweh, kultum Ramadhan, pembelajaran Tahfizh dan tahsin Qur’an kepada anak-anak TPQ dan pembelajaran ilmu tajwid khusus ibu ibu majelis taklim desa Fluk.

Program mubaligh hijrah Ramadhan akan berakhir dengan penarikan mahasiswa yang juga tenaga dai/daiyah pada hari Selasa tanggal 17 April 2024 M. yang juga dihadiri langsung oleh kaprodi komunikasi penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Bapak Fauji Ilyas, S. I. Kom, M. I. Kom. yang juga sebagai Wakil Kabid Pendidikan IKADI Maluku Utara.(14/04/24)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *