Example 120x600
Example 120x600
Sosial

Panitia Hajad dan Festival Teluk Babang, Sigofi Gam Sebagai Spirit Ekologi juga Religius

×

Panitia Hajad dan Festival Teluk Babang, Sigofi Gam Sebagai Spirit Ekologi juga Religius

Sebarkan artikel ini

HAL-SEL: SARUMANEWS.COM –  Memasuki Ramadhan Kegiatan Sigofi Gam atau pembersihan kampung telah rampung digelar.

Sigofi Gam ini dilakukan dalam dua item kegiatan, Pertama pembersihan fisik yang dilakukan di tempat-tempat umum seperti Mesjid, TPU dan drainase yang ada di Desa Babang pada 30/03/2022, dibantu langsung oleh MTS N 2 Hal-Sel, SD Al-khairat Babang, Kompi senapan A RK 732/Banau dan Pemdes

Keterlibatan anak-anak Sekolah dimaksudkan sebagai edukasi moral agar anak-anak lebih mencintai lingkungan.

“Sengaja panitia melibatkan anak-anak Sekolah sebagai sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan juga mencintai lingkungan”. Ungkap Iki PJ Sigofi Gam.

Item Kedua, Sigofi Gam dilakukan dengan cara Tawaf Kampong dan Pembacaan Do’a Tolak Bala (Menolak Bahaya). dilakukan pada 31/03/2022.

Kordinator Panitia Abdul Anas Barmawi, menuturkan maksud dari tawaf kampong (keliling kampung) dan Do’a Tolak Bala merupakan langkah religius guna menekan peredaran wabah juga membersihkan kampung dari hal-hal yang tidak baik.

“Prosesi ini tak lain merupakan wujud kecintaan kita pada Desa Babang agar terhindar dari mara bahaya dan hal yang tidak kita inginkan bersama” terang Anas.

Ia menambahkan bahwa Tawaf Kampong dibarengi Do’a Tolak Bala akan digelar setiap memasuki Bulan Ramadhan.

“Kami mengupayakan agar Tawaf Kapongan ini menjadi rutinitas dalam memasuki Bulan Ramadhan kami juga berharap mendapat dukungan penuh dari Imam masjid sedesa Babang dam Masyarakat” harap Anas, Kamis (31/03/2022). ( Badi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *