Example 120x600
Example 120x600
Pemerintahan

Perkokoh Pilar Kebangsaan, Wakil Bupati Bassam Kasuba Pimpin Ucapara Hari lahir Pancasila

×

Perkokoh Pilar Kebangsaan, Wakil Bupati Bassam Kasuba Pimpin Ucapara Hari lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

HALSEL: SARUMANEWS.COM– Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Hasan Ali Bassam Kasuba menjadi inspektur upacara (Irup), saat memperingati hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Turut hadir dalam upacara tersebut, ketua umum GOW Halsel, Ibu Rifa’at Al Sa’adah juga sebagai istri Wakil Bupati, fokompimda Halsel, sekertaris Daerah Halsel, Ir. Saiful Turuy, kepala – kepala Dinas lingkup Halsel, dan seluruh ASN Kabupaten Halmahera Selatan serta siswa – siswi SMA, SMP dan SD.

Upacara hari Pancasila dilaksanakan di lapangan Assombang Desa Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, pada Kamis 01 Juni 2023.

Di kesempatan itu sambutan Presiden RI, Joko Widodo dibacakan langsung oleh, Wakil Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba menyampaikan bahwa, hari ini, 1 Juni 2023, kita memperingati hari lahir pancasila di ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan, hari yang bersejarah ini, Bung Karno, Proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan Negara.

“Saya mengajak kepada kita semua sebagai anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”,ucapnya.

Menurut ponakan gubernur maluku uatara itu, bahwa Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua, pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada pancasila.

“Saya juga ingatkan kepada kita semua, bahwa kita harus betul-betul mengamalkan pancasila dan memperjuangkan pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antarsesama anak bangsa. Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia”,jelasnya.

“Kita diperhadapkan pada situasi dunia yang bergejolak, pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan, dan juga perang di Ukraina”,ungkapnya.

Di akhir sambunya putra dari mantan bupati dua periode itu juga mengajak, marilah kita meningkatkan semangat bergotong- royong menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, dan lebih berperikemanusiaan dan lebih berperikeadilan untuk menumbuhkan semangat gotong royong membangun peradaban dan meningkatkan pertumbuhan global terakhir.

“Saya mengajak seluruh pemimpin daerah terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin- pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila. Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan”,tutur basam (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Opini Publik

SARUMANEWS.COM- Belum genap setahun kepemimpinan Bupati Halmahera Selatan,…