Example 120x600
Example 120x600
Desa

Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Hal-Sel Laksanakan Rakor

×

Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Hal-Sel Laksanakan Rakor

Sebarkan artikel ini

HALSEL: SARUMANEWS.COM – Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Halmahera Selatan Melaksanakan Rapat Koordinasi Kabupaten (Rakor Kabupaten). Rakor Kabupaten dihadiri oleh Tenaga Pendamping Profesional berjumlah 126 orang yang terdiri 6 orang tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa (TAPM), 56 orang pendamping desa dan 64 orang pendamping lokal desa bertempat di aula kantor camat bacan. (28/07/22)

Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) Kabupaten Halmahera Selatan, Edi Udin mengatakan rakor ini merupakan kegiatan rutin yang sudah di agendakan setiap akhir bulan berjalan oleh TPP-P3MD Kabupaten Halmahera Selatan, dengan tujuan mengevaluasi progress kegiatan pendampingan, pendamping desa baik itu terkait dengan pemenuhan analisa data, permasalahan pendampingan, pembuatan laporan, dll, baik yang dilakukan oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa maupun tenaga ahli di kabupaten.

Selain itu, lanjut Edi Udin, rakor TPP-P3MD ini juga diisi dengan pembinaan dan penguatan kapasitas baik itu pendamping desa maupun pendamping lokal desa oleh tim tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa (TAPM). Dimana tim Tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa (TAPM) Kabupaten mengkroscek kerja-kerja tim pendamping desa maupun pendamping lokal desa di kecamatan masing-masing dan akan dilakukan evaluasi misalnya terkait dengan kehadiran dilokasi tugas, pendampingan BUMDes, permintaan data maupun tindak lanjut dari permasalahan dan hambatan yang dihadapi masing-masing dilokasi tugas. Ujar Edi

Edi menambahkan, harapan kami dengan dilaksanakannya rakor kabupaten yang diagendakan setiap akhir bulan berjalan ini, kita dapat mengetahui progress pendampingan, permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh masing-masing pendamping desa dilokasi tugas, lebih memaksimalkan kehadiran dilokasi tugas masing-masing karena kehadiran pendamping desa sangat sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa dan masyarakat. kegiatan rakor seperti ini kami selalu koordinasi dan melibatkan lembaga teknis/dinas teknis terkait yakni DPMD, BAPELITBANGDA, BKAD, Inspektorat maupun program pemerintah pusat lainnya dari Kemendesa, PDTT RI seperti Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) Kabupaten Halmahera Selatan yang fokus pendampingannya adalah pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan ekonomi desa. Program TEKAD dilaksanakan di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Bacan Barat, Kecamatan Bacan Timur, Gane Timur dan Kecamatan Gane Barat Selatan.

Foto Istimiwa Koordinator Program P3MD Kab Hal-Sel EDY UDIN

Lanjut Edi rencana kegiatan rakor kabupaten bulan Agustus 2022, akan dilaksanakan di tiga zona wilayah pendampingan yaitu zona Gane (Gane barat, gane barat utara, gane barat selatan, gane timur, gane timur tengah, gane timur selatan dan kepulauan joronga), zona makian kayoa (pulau makian, makian barat, kayoa, kayoa selatan, kayoa utara dan kayoa barat) dan zona bacan dan obi (Bacan, bacan barat, bacan barat utara, bacan selatan, bacan timur, bacan timur tengah, bacan timur selatan, botanglomang, mandioli utara, mandioli selatan, kasiruta barat, kasiruta timur, obi, obi utara, obi timur, obi selatan dan obi barat). Ini kita rencanakan supaya lebih memaksimalkan kegiatan rakor yang dimaksud, karena terkait dengan operasional pendamping desa yang sangat kecil sehingga saat kegiatan rakor kehadiran teman-teman pendamping loKal desa di luar zona bacan agak berat untuk datang dan menghadiri rakor kabupaten dimaksud. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *