Example 120x600
Example 120x600
Desa

Rai Penghargan Desa Mandiri,Kades Kampung Makian, Dapat Apresiasi Kordinator TPP P3MD Hal-Sel.

×

Rai Penghargan Desa Mandiri,Kades Kampung Makian, Dapat Apresiasi Kordinator TPP P3MD Hal-Sel.

Sebarkan artikel ini

HALSEL: SARUMANEWS.COM- Kordinator Tenaga Pendamping Profesional/ Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) Hal-Sel beri apresiasi kepala Desa kampung Makian atas capaian Desa mandiri pertama di kebupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Bertempat di Aula kantor bupati, Sekjen Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT),Taufiq Madjid,S.Sos.M.Si memberikan penghargaan kepada, kepala Desa kampung makian, Gurdam Abusama saat berkunjung ke kabupaten Halmahera .

Menjadi desa mandiri pertama di Halsel merupakan buah usaha yang sangat istimewa,”ujar Edi Udi, S.Pi Kordinator TPP P3MD Hal- sel kepada sarumanews.com Selasa (12/10/) .

Orang nomor satu, di lingkup pendamping Desa di Hal-Sel .menyampaikan, capaian status Desa kampung makian menjadi Desa mandiri, berdasarkan hasil pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2022. Hal itu sejalan Keputusan Menteri Desa, Kepmen Desa PDTT) Nomor 105 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2022. Tahun 2022.

ada tiga indeks, yaitu : Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, serta Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan.” Imbuhnya

Menurutnya penghargaan status desa mandiri menjadi penyemangat bagi seluruh pendamping desa untuk senantiasa memaksimalkan nawa cita Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan status desa sangat tertinggal menjadi desa mandiri.

dapat dijadikan wujud kebanggaan terhadap kinerja dan prestasi kepala desa, kita semua patut berikan apresiasi atas capaian desa kampung makin” ungkapnya

Untuk itu Edi berpesan, kepada kepada kepala- kepala desa untuk dapat segera merampung data berbasis Sustainable Development Goals (SDGs ). Karena dari situ nantinya pemerintah melalui Kemendes PDTT dapat memantau sejauh apa perkembangan suatu desa.

Kita berharap nantinya akan bertambah lebih banyak desa mandiri di hal-sel, untuk itu mari bersama wujudkan Desa mandiri dengan gerakan membangun Desa. “tandas edi (Asb)-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *