Example 120x600
Example 120x600
Uncategorized

Santri Darussalam Halmahera Selatan Olah Sapi Jadi Kuliner Spesial

×

Santri Darussalam Halmahera Selatan Olah Sapi Jadi Kuliner Spesial

Sebarkan artikel ini

HAL-SEL: SARUMANEWS.COM – Idul Adha 1444 H menjadi momen para santri Ponpes Darussalam Bacan Desa Kupal Kabupaten Halmahera Selatan untuk berlatih mengolah bahan olahan sapi menjadi kuliner khas spesial.

Sapi Yang Oleh Kebiasan Masyarakat Malut Hanya Mengkomsumsi Dagingnya Dan Sisanya Di Buang Oleh Pesantren Di Jadikan Bahan Olahan Yang Menjadi Kuliner

Pimpinan Pesantren KH. Asep Sofyan menjelaskan bahwa bahan olahan yang biasa dibuang warga di Halmahera Selatan seperti kepala dan kaki sapi, buntut, dalaman usus ternyata para santri bisa mengolahnya menjadi kuliner khas dari daerahnya masing masing. Dalaman usus diolah jadi Cotto Makassar, kepala jadi tongseng kepala sapi, cingur jadi rujak cingur, buntut jadi sop buntut, sedangkan kaki diolah jadi kaledo kaki sapi. Adapun yang sudah biasa daging sapi mereka jadikan sate, namun kulit sapi ternyata sangat enak dibuat baso kikil dan kulit sapi.

Dokumentasi Istimewa Pimpinan Pondok dan Ketua Komite MA Darussalam menikmati 8 olahan kuliner kreasi santri: Gule Kepala, kaledo kaki, sop buntut, cotto babat usus, sate daging, sate kulit, sambal hati dan bakso kikil

Istri pimpinan yang biasa dipanggil Umi Hafizh menjadi salah seorang tutor dalam olah kuliner sapi dan kambing. Dibantu para pengasuh lain yang membimbing para santri untuk mampu membuat kuliner khas.

Pengasuh Pesantren menambahkan Kegiatan ini diinisasi agar para santri dapat memanfaatkan bahan olahan yang dinilai tidak berharga di kalangan warga Halsel itu namun setelah menikmati hasil olahan itu ternyata para santri saat ini sudah terbiasa makan sop kepala kambing, cotto usus bahkan sangat suka makan kaledo kaki dan sop buntut, tandasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *