Example 120x600
Example 120x600
Pemerintahan

Terima Cuma 600, Disnakertrans Minta PT. Kurnia Permai Sentosa Utamkan Pekerja Lokal.

21
×

Terima Cuma 600, Disnakertrans Minta PT. Kurnia Permai Sentosa Utamkan Pekerja Lokal.

Sebarkan artikel ini

SARUMANEWS.COM- Plt Kepala Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans )Halmahera Selatan, Noce Totononu, meminta perusahaan yang ada di daerah lebih maksimal dalam menyerap atau merekrut tenaga kerja lokal.

“Kebetulan saat ini. Ada 600 orang, itu terdiri dari 300 tenaga skil dan 300 lagi tenaga non skil. Ini kita berharap yang di terima semuanya warga lokal,”katanya, Minggu , 30 Juni 2024

Ia mengatakan PT Kurnia Permai Sentosa (KPS) yang bergerak pada pengolah nikel ini telah rekrutmen tenaga kerja sudah masuk tahap verifikasi hasil tes.

Noce menyebut bahkan Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba ikut wanti wanti perekrutan dan berkomitmen untuk memprioritaskan putra/putri daerah dalam rekrutmen tenaga kerja.

Selain itu penyerapan tenaga kerja lokal juga bertujuan untuk menekan angka penganguran di Daerah 

“Pak bupati harap, orang lokal menjadi prioritas utama dalam rekrutmen karyawan perusahaan, dan saya yakin, para pihak perusahan bisa memahami maksud dan tujuan mengapa buruh lokal yang diutamakan,” tuturnya

Kendati ada ribuan orang yang mengajukan permohonan kerja namun kuota yang menerima hanya 600 pelamar, Itu sebab ia menyebut serapan tenaga kerja lokal sejauh ini anggap masih cukup kurang.

“Maka dengan itu sepanjang masih ada putra daerah yang miliki skil yang dibutuhkan maka itu harus menjadi pioritas utama,” sambungnya.

Noce menilai keberadaan perusahaan dan industri di daerah, akan lebih berdampak luas bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, apabila perusahaan bersangkutan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar.

Karna itu Pemda Halmahera Selatan akan digasilitasi  kerjasama setia perusahaan tambang untuk memberi pelatihan kepada putra/putri daerah sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

“Dengan begitu, setiap calon pekerja yang mau melamar di perusahaan sudah memiliki skil atau keahlian dan siap dipakai sesuai kebutuhan perusahan,” tandasnya*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *