Example 120x600
Example 120x600
Desa

Atasi Kemiskinan Ekstrem , Pemdes Lele Tenteng Kordinator TPP P3MD Hal-Sel, Salurkan BLT DD Tahun 2023.

×

Atasi Kemiskinan Ekstrem , Pemdes Lele Tenteng Kordinator TPP P3MD Hal-Sel, Salurkan BLT DD Tahun 2023.

Sebarkan artikel ini

HAL-SEL: SARUMANEWS.COM- Bertempat di Balai Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Lele Kecamatan, Mandioli Selatan Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2023.

Penyaluran BLT DD sebesar 300.000, Kepala Kelurga terhitung tiga bulan pertema yakni Januari, Februari dan Maret. Senin (29/05/23).

Dalam sambutan Kepala Desa Lele Ruslan Jaber, mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat di desanya. dimana penyaluran BLT hanya di peruntukan kepada 28, Kepala Keluarga Penerima Manfaat (Kpm).

Dijelaskannya BLT DD di prioritaskan bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 Tentang Percepatan Penghapusan kemiskinan ekstrim.

Menurut kades dua periode itu, hal tersebut diperkuat lagi degan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 201 terkait besaran alokasi BLT DD yakni maksimal 25% dan minimal 10% dari total pagu Dana Desa (DD) di setiap Desa.

“Kapala desa sapa yang tara sanang (kades mana tidak senang red) klau semua diape warga (warnya red) mendapatkan BLT, namun aturan mengharuskan BLT harus memenuhi standar kerekteria” tutur Ruslan.

Senada degan Kades, Kordinator TPP P3MD Hal-Sel Edin Udin, dalam Arahannya, menyampaikan BLT dengan tujuan untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim yang ada di desa, sekaligus pemulihan ekonomi berupa perlindungan sosial.

Lanjutnya, menyinggung kriteria penerimaan BLT DD meliputi anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal (lanjut usia).

Tak hanya itu, jika nanti ditemukan ada pemerintah desa yang sama sekali tak menganggarkan BLT Kemiskinan Ekstrem, maka desa itu akan kenakan pinalti (Sanksi) berupa pemotongan 25 % Dana Desa di tahap 3 Tahun 2024.

“Untuk itu kami berharap bapak/ibu Pemerima agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain” harapnya .

Penyaluran BLT Turut hadir Kordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kades, Perangkat Desa, BPD, PD/PLD, Babinsa dan Keluarga Penerima Manfaat (kpm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *