Example 120x600
Example 120x600
Sosial

MEWAKILI BUPATI, SEKDA SERAHKAN BANTUAN ALAT PENGOLAHAN SAGU

×

MEWAKILI BUPATI, SEKDA SERAHKAN BANTUAN ALAT PENGOLAHAN SAGU

Sebarkan artikel ini

SARUMANEWS.COM.Halsel – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Halmahera Selatan, melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan alat dan mesin pengolahan sagu, di empat Desa yaitu Desa Amasing Kota, Indomut, Belang-Belang Kec. Bacan dan Arumamang Kec. Kasiruta Barat yang dipusatkan di Desa Indomut. Rabu (25/8).

Menurut Kadistan Agus Heriawan, SP.S.Hut. M.Si, Kegiatan ini merupakan realisasi dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yakni pada SAPTA CITA point kelima tentang Merevitalisasi Sistem Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Budaya yang bertumpuh pada Pengembangan Potensi Lokal Unggulan yang bernilai Tambah, Beradaya Saing dan Rama Lingkungan. Terangnya.

Ia melanjutkan, Kegiatan ini juga merupakan sinkronisasi dalam mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati untuk mendukung pemulihan ekonomi Kabupaten Halmahera Selatan. (25/8)

Dikesempatan yang sama dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Bapak Sekretaris Daerah, bahwa “pembangunan ekonomi masyarakat pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup ekonomi bagi setiap orang agar terwujud derajat kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis menuju senyum Halmahera Selatan”.

Ia menambahkan, oleh karenanya, untuk menjaga dan meningkatkan produksi dan melestarikan sagu sebagai makanan pokok masyarakat, pemerintah daerah berkomitmen menganggarkan melalui Dinas Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan untuk memberikan alat dan mesin pengolahan sagu dan peralatan pendukung lainnya, guna membantu petani pengolah sagu agar lebih mudah dalam proses produksinya. Tegasnya, Rabu 25 Agustus 2021.

Selain itu Kabid Perkebunan Suhdan Kasuba, SP.M.Si, menambahkan bahwa bantuan yang diberikan kepada kelompok tani Berupa Mesin Parut Sagu, Senso Kecil, Alkon, Terpal, Linggis, Kapak dan Sepatu Boat.

“Kami berharap Dengan bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Kelompok tani dan masyarakat dalam pengolahan sagu sehingga hasil produksi sagu lebih ditingkatkan dari yang sebelumnya, serta dapat membantu ekonomi keluarga dan kebutuhan hidup sehari hari”.

Dalam kegaiatan ini turut hadir, Sekretaris Daerah, Kadis Pertanian, Kepala BPBD Halsel, Camat Kec. Bacan, Babinkamtibmas, Kepala Desa Amasing Kota, Kepala Desa Belang-Belang dan Kades Indomut. (Riki Saliwu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *